Selasa, 11 Januari 2011

PENGENDALIAN MANAJEMEN


JENIS PENGENDALIAN MANAJEMEN

  • pengendalian umpan depan = antisipasi masalah
  • pengendalian sejalan = solusi masalah saat terjadi
  • pengendalian umpan balik = solusi masalah sesudah terjadi

pengendalian umpan balik
-         pada input
-         mencegah masalah-masalah yang sudah di perhitungkan sebelumnya, sebelum melakukan “proses”
-         contoh : program pemeliharaan pencegahan yang sudah di jadwal.

Pengendalian sejalan
- pada “proses”
- pengendalian yang berlangsung pada saat  sebuah kegiatan sedang dilaksanakan
- contoh: pengawasan yang dilakukan oleh supervisor

Pengendalian umpan balik
-         pada “output”
-         pengendalian yang dilakukan pada saat sebuah kegiatan  sudah dilaksanakan
-         contoh: perbaikan mesin atau peralatan karena ada komponen yang rusak





SISTEM PENGENDALIAN YANG EFEKTIF
1.                  menghasilkan informasi yang akurat, handal dan valid.
2.                  tepat waktu : menyajikan informasi tepat pada waktunya.
3.                  hemat biaya : membutuhkan biaya yang minimal.
4.                  fleksibel : dapat disesuaikan dengan perubahan waktu dan keadaan.
5.                  mudah/dapat di pahami : dapat menyajikan masalah dengan jelas.
6.                  criteria yang “reasonable” : standar pengandilian yang masuk akal dan dapat dicapai.
7.                  penempatan yang strategis : dilakukan pada tempat-tempat yang dilakukan pada tempat-tempat yang dapat mengalami kerugian besar.
8.                  pada batas wewenang tertentu : setiap lapis manajer mempunyai batas wewenang sebagai dasar pengendalian.
9.                  dilaksanakan dengan “multimedia” tidak hanya tunggal.
10.              memberikan alternative tindakan koreksi.

TEKNIK DAN ALAT PENGENDALIAN

A.        pengendalian informasi :
* Sistem Informasi Manajemen (SIM) > sebuah system yang memberi manajemen (para manajer) informasi yang di butuhkan secara teratur.
            * Data > fakta-fakta mentah yang belum dianalisa.
            * Informasi > data yang sudah di analisa.
           
Kebutuhan Informasi Bagi Manajer
^ Manajer Puncak = ringkas,dengan lingkup yang luas, lebih eksternal.
^ Manajer madya = ringkas, dengan lingkup internal perusahaan.
^ Manajer Operasional = detil, teknis dengan lungkup bagian.

B.         pengendalian keuangan :
            1.         Anggaran = alat perencanaan yang juga sebagai dasar pengendalian.
            2.         Analisa Rasio :
                                    - Likuiditas (kemampuan bayar hutang lancar).
                                    - Leverage (pendanaan asset, bunga dari luar).
                                    - Operasional (efisiensi penggunaan aktiva).
                                    - Profitabilitas (laba/penjualan).
C.        pengendalian operasi :
J Bagan Pengendalian TQM = alat kendali manajemen yang memperlihatkan
hasil-hasil pengukuran selama periode waktu tertentu dengan batas kendali atas dan batas kendali bawah yang telah dihitung / ditentukan secara statistic.
    
J Model Kuantitas Pemesanan Ekonomis (EOQ) = suatu teknik untuk menyeimbangkan biaya-biaya pembelian, pemesanan, penyimpanan, dan habisnya stok, untuk mendapatkan jumlah yang optimal bagi suatu pemesanan pembelian barang yang diperlukan perusahaan.

D.        pengendalian perilaku :
            Dilakukan pada tahap-tahap:
1.                  seleksi karyawan
2.                  rancangan pekerjaan
3.                  penyeliaan langsung
4.                  pelatihan & mentoring
5.                  formalisasi
6.                  penilaian kerja & imbalan
7.                  budaya Organisasi & disiplin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar