Selasa, 11 Januari 2011

KEPEMIMPINAN PADA KEGIATAN PEMUDA ATAU MAHASISWA


1.Pendahuluan
Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) merupakan miniatur dari pembinaan intektual, mental dan spiritual karena pembinaan yang intensif dan kontinyu tentang hal tersebut adalah melalui jalur perkuliahan yang berlangsung bertahun-tahun. Namun demikian bukan berarti LDKM tidak penting. LDKM masih merupakan sarana yang efektif untuk membentuk mahasiswa-mahasiswa yang berkarakter.
2.Isi
Mahasiswa adalah kader - kader pemimipin bangsa. Dalam jiwa mahasiswa penuh dengan idelisme dan semangat yang bergelora. Dalam perjalanan hidup bangsa Indonesia, sejarah telah membuktikan, bahwa terjadinya dinamika dalam kehidupan Bangsa Indonesia dipelopori oleh mahasiswa. Sejak jaman pergerakan tahun 1908 dimulainya berdiri organisasai Budi Utomo, Sumpah Pemuda 1928, Proklamasi Kemerdekaan 1945, Angkatan 1966, dan Reformasi pada tahun 1997, semuanya dipelopori oleh mahasiswa. Semangat dan idealisme mahasiswa seolah menjadi bahan bakar yang menyulut terjadinya proses - proses dinamika kehidupan bangsa kita.

Demikian pentingnya peranan mahasiswa dalam proses dinamika bangsa Indonesia, oleh karena itu mahasiswa harus selalu mereposisikan dirinya dalam merespon berbagai fenomena yang terjadi dalam lingkup daerah, nasional maupun global.
Gaya kepemimpinan di dunia ini beraneka ragam mulai dari kepemimpinan otoriter seperti Hitler dan Jengiskhan. Demokratis gaya Amerika seperti Bill Clinton dan George Bush, Demokrasi Terpimpin gaya Soekarno, Demokrasi Pancasila gaya Soeharto dan lain-lain. LDKM yang melatih kepemimpinan, diharapkan mampu mencetak calon-calon pemimpin yang kepemimpinanya efektif sesuai dengan kebutuhan situasi dan kondisi, karena pada prisipnya gaya kepemimpinan tidak dapat terpaku pada satu gaya tergantung Situasi dan kondisi yang dihadapi. Atas dasar hal tersebut di atas strategi-strategi kepemimpinan yang efektif harus dilatihkan kepada mahasiswa melalui metode-metode dan tehnik-tehnik yang efektif serta berdasarkan kasus–kasus yang terjadi di lapangan sehingga kelak bila mahsiswa jadi pemimpin .
3.Penutup
kepemimpinan pada kegiatan pemuda atau mahasiswa sangat lah penting, karena tanpa adanya kepemimpinan di dalam suatu kegiatan atau organisasi maka kegiatan atau organisasi tersebut tidak akan berjalan dengan baik.
 
 
source : http://www.scribd.com/doc/35826010/Latihan-Dasar-Kepemimpinan-Mahasiswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar